14 Maret 2017

Demi Masyarakat Desa, Mendes Siap Bersih-Bersih

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo menegaskan komitmennya untuk menyelenggarakan pelayanan publik bersih di lingkungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).
Jalan Desa/Ilustrasi
Mendes Eko menginstruksikan jajaran Kemendesa agar tidak bermain-main dengan berbagai program dan proyek untuk masyarakat desa. “Kalau ada yang masih main-main dengan proyek dan program di sini, saya tidak segan untuk bersih-bersih. Ini demi masyarakat desa,” ujarnya beberapa waktu lalu, di Jakarta. 

Dia menjelaskan Kemendes PDTT dibentuk sebagai komitmen Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Komitmen tersebut harus dimaknai jika pemerintah saat ini berusaha secara sungguh-sungguh untuk menyejahterakan masyarakat desa yang selama ini selalu terpinggirkan.

Oleh karena itu, Eko Sandjojo meminta semua stake holder desa dari level Kemendes PDTT hingga pemerintah desa untuk bersungguh-sungguh menjalankan program pembangunan perdesaan tanpa prilaku koruptif. “Masa untuk kehidupan masyarakat desa yang notabene masih susah dan terjerat garis kemiskinan kita masih tega memanfaatkan untuk kepentingan pribadi?” ujar Menteri Eko. 

Mendes mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan instrument pengawasan baik dari internal Kemendes PDTT maupun bekerja sama dengan pihak luar. Dia mencontohkan di internal Kemendes PDTT telah dibentuk Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP), sedangkan dari eksternal, pihaknya telah meminta KPK terlibat langsung dalam mengawasi pengelolaan dana desa.(*/ekosandjojo.id)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon