14 Januari 2017

Contoh Draf Rancangan APBDes 2017

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dalam Pasal 72 Ayat 1 disebutkan Sumber Pendapatan Desa berasal dari:
  1. Pendapatan Asli Desa terdiri atas hasil utama, hasil aset, swadaya dan partisipasi, gotong royong, dan lain-lain pendapatan asli Desa;
  2. Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
  3. Bagian dari hasil pajak daerah dan retribusi daerah Kabupaten/Kota;
  4. Alokasi dana Desa yang merupakan bagian dari dana perimbangan yang diterima Kabupaten/Kota;
  5. Bantuan keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota;
  6. Hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga; dan
  7. Lain-lain pendapatan Desa yang sah.
UU Desa menjelaskan:
  • Pendapatan Asli Desa adalah pendapatan yang berasal dari kewenangan Desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan skala lokal Desa.
  • Hasil usaha termasuk juga hasil BUM Desa dan tanah bengkok.
  • Anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tersebut adalah anggaran yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota yang digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.
  • Lain-lain pendapatan Desa yang sah adalah antara lain pendapatan sebagai hasil kerja sama dengan pihak ketiga dan bantuan perusahaan yang berlokasi di Desa.
Secara ringkas dapat dipahami bahwa semua sumber pendapatan desa harus dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). APBDes terdiri dari pendapatan, belanja, dan pembiayaan Desa.

Baca: Alur Penyusunan Perubahan APBDes

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa diajukan oleh Kepala Desa dan dimusyawarahkan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

APBDes disusun setiap tahun anggaran. Bagi Desa yang belum menyusun Rancangan APBDes 2017. Format Contoh APBDes ini mungkin bisa menjadi referensi bagi Desa Anda. 

Seperti disadur dari administrasidesa.com, disini donwload Contoh Draf Format APBDes.[] 

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon